Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan salah satu program studi unggulan di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sejarah Program Studi Ilmu Komunikasi UMM berdiri sejak tahun 1982 dan merupakan salah satu program studi komunikasi pertama di Indonesia. Visi dan Misi Program studi Visi adalah menjadi pusat pendidikan Ilmu Komunikasi terkemuka dan berkarakter di Indonesia. Sedangkan misinya antara lain menyelenggarakan pendidikan ilmu komunikasi yang unggul dan berkarakter. Kurikulum Kurikulum Ilmu Komunikasi UMM dirancang untuk menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi di bidang komunikasi baik secara akademik maupun profesional. Mencakup mata kuliah teori hingga praktik praktis.
Fasilitas Fasilitas yang dimiliki antara lain studio radio, studio televisi, laboratorium fotografi, laboratorium multimedia, dan perpustakaan program studi yang lengkap. Dosen dan Mahasiswa Jumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM lebih dari 800 orang. Dosennya sekitar 25 orang dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3. Organisasi Kemahasiswaan Memiliki organisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) yang aktif melaksanakan kegiatan akademik dan non-akademik. Program Prestasi telah meraih akreditasi A dan memiliki banyak prestasi dalam kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Kerjasama Memiliki kerjasama akademik dan magang dengan berbagai institusi media dan perusahaan.
Berikut adalah beberapa keunggulan dari program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang:
1. Terakreditasi A Program Studi Ilmu Komunikasi UMM telah meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini menunjukkan pengakuan akan kualitas dan mutu pendidikan di program studi ini.
2. Update Kurikulum
Kurikulum Ilmu Komunikasi UMM selalu diperbarui agar sesuai dengan perkembangan
zaman dan kebutuhan industri media dan komunikasi.
3. Dosen
Berpengalaman Dosen Ilmu Komunikasi UMM merupakan praktisi dan pengajar yang
ahli di bidangnya masing-masing sehingga dapat menghadirkan pembelajaran yang
kontekstual.
4. Fasilitas
Multimedia Program studi dilengkapi fasilitas studio televisi, studio radio,
laboratorium fotografi, dan laboratorium multimedia terpadu untuk mendukung
pembelajaran.
5. Kerjasama Media
Terdapat kerjasama dengan sejumlah media massa untuk program magang dan
kunjungan bagi mahasiswa.
6. Organisasi
Kemahasiswaan Organisasi kemahasiswaan aktif berkembang seperti Himpunan
Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) untuk sarana pengembangan soft skill.
7. Kelas
Internasional Tersedia program kelas double title dan transfer kredit
bekerjasama dengan universitas di luar negeri.
8. Biaya Kuliah
Terjangkau Biaya kuliah di program studi Ilmu Komunikasi UMM tergolong cukup
terjangkau, sekitar Rp13 juta per semester.
Reference:
www.umm.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar